Surganya Pemandian Air Panas di Noboribetsu

Surganya Pemandian Air Panas di Noboribetsu – ukan hanya terkenal sebagai negeri sakura, tapi juga sebagai negeri seribu mata air panas. Merendam budaya Jepang dalam air panas memang menjadi agenda wajib.

Surganya Pemandian Air Panas di Noboribetsu

e-onsen – Mata air panas di Jepang disebut mata air panas. Noboribetsu dikenal sebagai kota mata air panas terbesar di Jepang.

Tertarik dengan kota pemandian air panas ini? Yuk simak artikel tentang kota ini yang menjadi surganya para pecinta pemandian air panas yang dirangkum dari we-xpats. Sebelum kesana, kamu harus tahu  hal unik.

Sejarah Noboribetsu

Kota Noboribetsu mewrupakan sebuah kota di Prefektur Hokkaido. Kota tersebut terletak di kawasan yang berbatasan dengan Samudra Pasifik. Pada tahun 1919, daerah itu disebut Horobetsu. Namun, pada tahun 1961, kota tersebut berubah dari Horobestu menjadi Noboribetsu.

Kota ini terkenal dengan kota spa-nya. Namun, terdapat lebih dari 100 sumber air panas di kota ini. Dari pemandian air panas sederhana yang dikelola secara individual hingga pemandian air panas mewah ala resort dengan fasilitas lengkap. Mata air dari Jigokudani atau Jigokudani mendukung hal ini.

Lembah Neraka dibentuk oleh letusan Gunung Guangshan. Selama bertahun-tahun sejak puluhan ribu tahun yang lalu, letusan gunung berapi telah membentuk kaldera besar dengan uap panas dalam jumlah besar. Akibat letusan ini, kota ini memiliki sumber air panas yang cukup untuk memasok semua mata air panas di kota.

Baca juga : Pemandian Air Panas di Yufuin, Oita

Kaya Akan Wisata Alam

Karena terletak di Hokkaido, wilayahnya masih sangat asri sehingga berpenduduk kurang lebih 50.000 jiwa dan banyak tempat wisata alam. Setidaknya ada 4 tempat wisata terkenal di tempat ini. Mulai dari gunung, hingga pantai. Tak heran jika turis asing memilih tempat ini saat berwisata ke Jepang.

1. Oyunuma

Oyunuma adalah sungai air panas yang berasal dari kaldera kawah Jigokudani atau sumber Neraka Noboribetsu. Kota ini terkenal dengan Sungai Oyunuma, yang merupakan sumber mata air panas kota. Saat mengunjungi sungai ini, Anda akan merasakan bau belerang yang menyengat dan panas dari air panas yang mengalir.

Tempat ini biasanya digunakan sebagai tempat merendam kaki langsung dari sumbernya. Beberapa mata air panas terbuka untuk layanan di sungai ini. Sebagian besar wisatawan di tempat ini adalah orang dewasa dan lansia, namun ada juga anak muda yang ingin merasakan berendam air panas langsung dari sumbernya.

2. Lake Toya

Lalu ada Danau Toya, yang merupakan danau kawah di utara Jepang. Lokasi ini benar-benar seperti mangkuk besar antara Toyoko Ako dan Kota Aibetsu. Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung harus memasuki kawasan Taman Nasional Shiko-Toya yang ada di kawasan Toyoko. Saat ini terdapat gunung berapi aktif yaitu Gunung Usu yang pernah meletus pada tahun 2000 silam.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini, termasuk berkemah, hiking, bahkan berenang di danau ini. Sebagai informasi tambahan, Danau Toya merupakan salah satu danau terjernih di Jepang karena kandungan belerang yang cukup tinggi untuk membersihkan seluruh danau.

3. Lake Kuttara

Destinasi selanjutnya adalah Danau Kutala atau Danau Kutala. Namun, penduduk setempat menyebutnya Kota Shiraoi. Danau itu terletak di Taman Nasional di Shiko-Toya. Dibandingkan dengan Danau Toya, tempat ini lebih dekat dengan gerbang 1.000 mata air panas tersebut.

Luas danau diperkirakan sekitar 8 kilometer dan kedalaman 148 meter. Danau ini merupakan danau terbesar di Jepang. Objek wisata ini memenangkan tempat pertama untuk danau melingkar sempurna di Jepang. Citra satelit membuktikan hal ini ketika dibidik langsung pada garis besar kawasan Danau Kutara, sehingga anak tersebut terlihat seperti lingkaran besar yang sempurna. Selain itu, air di danau tersebut merupakan salah satu dari 5 danau paling jernih di Jepang.

4. Hell Valley

 

Lalu, destinasi ikonik kota ini adalah Jigokudani. Penduduk setempat menyebutnya demikian karena lembah tersebut memancarkan mata air panas abadi. Lokasinya berada di dalam kawasan Taman Nasional Shikotsu-Toya. Karena tempat ini berupa lembah, Anda harus berjalan kaki selama 30 menit dari tempat parkir untuk mencapainya.

Garis luar yang indah serta banyaknya bebatuan yang meletus ribuan tahun yang lalu meninggalkan kesan yang luar biasa di tempat ini. Bahkan jika sampai di hulu Sungai Oyunuma, Anda akan merasa lelah karena bisa berendam di sini.

5. Legenda Yukijin, Penjaga Kota

Pernahkah Anda melihat raksasa Jepang berwarna merah dengan senjata seperti tongkat baseball bergerigi? Itulah Yuki yang merupakan wali kota pemandian air panas berusia ribuan tahun ini dan memiliki sejarah ribuan tahun. Sejak Neraka Noboribetsu dijuluki Jigokudani, legenda Journey telah muncul, sehingga Journey digambarkan sebagai sosok raksasa seperti penjaga neraka.

Ada sekitar 11 patung Yuukijin yang tersebar di dekat gerbang menuju pemandian air panas di kawasan Jigokudani ini. Yukijin dianggap sebagai penjaga kota ribuan mata air panas ini, memadamkan setan dan membawa keindahan bagi masyarakat setempat. Selama berada di kota tersebut, jangan pernah lewatkan kesempatan berfoto dengan Yukijin, karena hanya bisa ditemukan di kota pemandian air panas. Mungkin saat Anda mengunjungi pemandian air panas di Jepang, Anda akan melihat miniatur Yuki di depan pemandian air panas yang menyambut Anda.